Artemy Beauty Lip Matte Liquid Lipstick Review (IND) *

02:28

Hi guys! 

Untuk review bahasa Indonesia-ku yang pertama (literally, my first ever! So please don't kill me if I write weird) aku akan membahas tentang Artemy Beauty Lip Matte. Without further ado, let's get onto the review.. 

❤ Background Information

As you would have known, Artemy Beauty itu adalah local brand dari Indonesia dan berbasis di Jakarta. Sebelum memposting blog post ini, aku sebenarnya sempat tanya-tanya sedikit tentang asal usul Artemy Beauty karena either aku memang kepo (LOL) or because I genuinely love listening to stories of how makeup companies come about. Mereka share kalau Artemy Beauty adalah hasil ide liburan di Korea dan hasil kreasi 2 makeup addict (like me and you!). Alhasil mereka research tentang pabrik-pabrik kosmetik di Korea untuk memulai company mereka dan memproduksi Lip Matte Artemy Beauty. Long story short, jadilah product Lip Matte Artemy Beauty yang made in Indonesia dengan bahan-bahan kosmetik dari Korea. 

Untuk saat ini, mereka sudah punya 2 product range yaitu liquid lipstick dan fake eyelashes, tapi kali ini aku cuma akan membahas tentang range liquid lipsticknya. Nah untuk liquid lipsticknya, mereka punya 8 shades total, termasuk 1 metallic matte shade (Cashmere). 


Jadi begini, Artemy Beauty sebelumnya sudah merilis 10 shades total tapi setelah itu ada beberapa yang di discontinue dan telah di replace dengan 2 shades baru yaitu 'Caramel' dan 'Rose'

Harga Lip Matte Artemy Beauty yang tercantum di web mereka, Beautylink Sociolla, Makeupuccino dan TWL Cosmetics adalah Rp 129K belum termasuk ongkir. Menurut aku sendiri, memang Lip Matte ini termasuk agak mahal kalau di banding dengan harga lipstick local lainnya, BUT isi lip matte ini 6.6mL which is huge! Setara dengan lipstick Jeffree Star yang isinya banyak banget. So in reality, sebenernya Lip Matte ini gak teralu jauh perbedaan harganya kalau di banding dengan yang lain dan definitely masih termasuk very affordable. 

❤ Packaging

Lip Matte Artemy Beauty di package di dalam box warna abu-abu plus ilustrasi bibir merah yang menurut aku agak mirip dengan liquid lipstick Kylie Cosmetics, tapi a lot simpler. 


Untuk tube lipstick nya, lumayan weighted dan mirip dengan tube Colourpop yang berbeda warna. Nama shade nya juga tercantum di atas sticker yang ada di bawah tube masing-masing lipstick. Aku lumayan suka dengan tube Lip Matte yang simple ini - no obnoxious logos or extra fonts or bulk!


Buttttt...faktor yang paling aku suka dari packaging nya adalah applicator nya. Doe foot applicator Lip Matte Artemy Beauty ini kecil, pointed dan skinny, jadi gampang banget kalau kamu mau gambar precise line di bibir. Jujur aku paling gak suka kalau applicator liquid lipstick teralu besar karena susah untuk menggambar precise line apalagi untuk bibir yang cenderung kecil (come on, not all of us are blessed with Kylie Jenner lips). Menurut aku applicator doe foot Artemy Beauty adalah applicator yang paling bagus di liquid lipstick yang aku pernah coba - both local lipstick dan non-local. So a big thumbs up buat Artemy Beauty, it really says a lot! 

Now onto the ingredients.. 

❤ Ingredients

Untuk masalah ingredients, Artemy Beauty sendiri meng-claim kalau bahan-bahan Lip Matte mereka memang di import langsung dari Korea tapi memang di produksi di Indonesia langsung. Ada sedikit inconsistency di box Lip Matte-ku dan tube lipstick dimana ada yang di print 'Made in Korea' dan beberapa nya lagi 'Made in Indonesia'. Team Artemy Beauty sudah meng-klarifikasi kalau ini karena salah printing (dan karena registrasi BPOM). Shades yang sudah di restock semua akan tertulis 'Made in Indonesia' instead of 'Made in Korea'. 


FYI, Lip Matte Artemy ini gak mengandung paraben tapi masih mengandung Carmine (zat pewarna) yang bukan vegan-friendly for those who are wondering. 

❤ Product

Aku benar-benar impressed dengan formula Lip Matte ini kecuali shade Cashmere yang personally aku kurang suka. Formula liquid lipstick ini consistency nya mirip hybrid antara formula Colourpop yang runny dan moussy seperti Anastasia Beverly Hills yang menurut aku pas banget (kecuali formula untuk shade Cashmere yang memang agak kental karena memang ciri khas formula metallic matte). Perbedaan formula nya nanti akan aku bahas di bawah. 

Untuk segi wangi, aku juga personally suka. Wanginya seperti caramel campur sedikit floral yang tidak teralu overpowering seperti lip cream Pixy atau Purbasari. Tapi kalau kamu benar-benar sensitif to scented lip products sebaiknya di coba dulu sebelum beli beberapa shades. 


Untuk segi shade selection, menurut aku bagus. Artemy Beauty punya 5 out of 8 neutral-nude shades yang memang lagi tren dan bisa dipakai sehari-hari. Nude shades ini juga berbeda undertone dan tingkat kegelapan yang artinya cocok untuk range skintone yang besar dari pale ke medium-tan. Tapi so far mereka belum punya shades yang bold seperti ungu muda, merah terang, biru, dll even though memang brand local memang jarang ada yang mengeluarkan shades 'aneh'. 

❤ Formula 

Nah, kalau untuk formula, menurut aku Lip Matte ini memang consistent di semua shades terkecuali 'Cashmere' yang seperti aku sudah bahas tadi. Shade Cashmere menurutku patchy dan gak se-pigmented shades yang lain jadi butuh sedikit waktu extra untuk melapisi seluruh bibir. Menurut aku shade ini lebih cocok dipakai sebagai lip topper daripada standalone liquid lipstick. 

Untuk shade lainnya, aku bisa kasih two thumbs up! Formula nya super pigmented, gak crumbly, gak teralu kering dan longlasting (note: shade Crush kalau dibanding dengan yang lain memang sedikit lebih patchy tapi ini gampang di fix dan menurut aku gak jadi masalah karena nature warna lipstick yang purple-based). Lipstick ini tahan sekitar 5 jam di aku tanpa touch up dan sedikit worn off di bagian dalam kalau dipakai makan/minum. Aku juga suka dengan formulanya karena walaupun sudah di pakai berjam-jam, lipstick ini gak crease di bibir dan masih terlihat presentable. 


❤ Overall

Long-lasting formula
Transfer-proof
Gak teralu kering
Packaging sturdy
7 out of 8 shade consistent
Nude shades nya beragam
Isi lipstick banyak

Packaging box nya agak gak consistent (walaupun salah cetak)
Shade Cashmere patchy kalau di pakai sebagai standalone lipstick
Stopper di dalam tube shade American Doll-ku kurang erat jadi banyak excess product di sekitar wand

Stopper di shade 'American Doll'

So all in all, do I recommend this lipstick? YES! Especially untuk shade Caramel, Get Lucky dan Rose yang aku bener-bener suka banget. Artemy Beauty Lip Matte menurutku adalah one of the best liquid lipstick formulas of all time - perfect balance between longevity and comfort. Malah menurutku lipstick Artemy ini formulanya lebih bagus daripada Kylie Cosmetics dan Huda Beauty! 

Have you tried Artemy Beauty Lip Matte ini? If yes, share your thoughts down below ♡




You Might Also Like

1 comments